Referensiku

Just another WordPress.com weblog

Teknik Analisa SWOT

(Vibiznews – Strategic) – Analisa SWOT adalah suatu analisa mendalam mengenai suatu bisnis baik sumber daya yang dimilikinya maupun lingkungannya. SWOT Analysis adalah suatu proses yang penting dan merupakan tahap yang harus dilakukan dalam proses manajemen stratejik.

Dengan melaksanakan suatu analisa SWOT, maka Anda dapat mengidentifikasi aktivitas mana saja yang merupakan keunggulan Anda. Kemudian Anda juga dapat mengetahui peluang-peluang apa saja yang Anda miliki dalam bisnis. Selain itu, dengan mengenali kelemahan dan threat, Anda dapat melakukan perbaikan yang diperlukan bagi bisnis Anda.

Pertama, kenali strength yang Anda miliki. Strength asalnya bisa dari mana saja. Mulai dari produk, pelanggan, proses, lokasi, pemasaran, distribusi, SDM, apapun. Hal-hal apa saja yang dapat dilakukan dengan baik oleh bisnis Anda relatif dibandingkan dengan kompetitor. Namun, Anda harus membuat daftar strength ini dengan jujur dan realistis, tidak mengada-ada. Misalnya, Indofood yang memiliki strength dalam distribusi. Dibandingkan dengan kompetitornya, Indofood jelas lebih unggul. Hingga ke ujung Papua pun, Anda tentu masih dapat menemukan Indomie, bukan?

Kemudian, mengakui Weakness Anda. Memang sulit untuk mengakui kelemahan yang dimiliki oleh bisnis Anda. Namun dalam analisa SWOT, kita harus berlaku obyektif. Coba cari aspek mana yang kurang dari bisnis Anda. Apakah produk Anda kualitasnya sudah baik? Apakah pelanggan puas terhadap produk Anda? Apakah kinerja karyawan sudah baik? Apakah operasi perusahaan sudah efisien? Pada intinya dalam mendaftar weakness, Anda juga harus jujur. Minta pendapat juga dari orang lain untuk mendapatkan perspektif yang berbeda.

Selanjutnya, analisa opportunities dan threats. Umumnya, analisa ini menggunakan Porter’s Five Forces atau PEST Analysis. Opportunities baru bisa saja muncul, misalnya ketika ada teknologi baru. Atau misalnya ada perubahan trend yang dapat menciptakan pasar baru, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sana.

Lalu dalam melakukan analisa threat, Anda harus mempertimbangkan kemungkinan terburuk. Supaya ketika threat tersebut benar-benar terjadi, maka Anda telah memiliki rencana untuk mengatasinya. Misalnya: kemungkinan produk baru tidak diterima oleh pasar.

Kemudian, setelah melakukan analisa SWOT, maka saatnya untuk mempelajari informasi yang telah dikumpulkan. Untuk ke depannya, Anda dapat berusaha untuk meningkatkan strength dan mengurangi weakness. Gunakan strength yang Anda miliki untuk mengambil opportunities yang ada dengan strategi yang tepat. Dengan begitu, maka Anda dapat meraih sukses dalam persaingan di pasar.

http://vibizmanagement.com/journal.php?id=4&sub=journal&page=str_mgt&awal=140

About these ads

July 23, 2009 - Posted by | Manajemen Strategi

4 Comments »

  1. ass.
    boleh dibagi’in ilmunya ga?gini nich aku kn ni mau persiapan cr judul buat skripsi dan rcna q pgn bgt ngangkat mslh BSC nie. Tp aku ga suram nie ga pny pandangan langkah awal apa yg hrz q lakukan.mis begini,q kan udh bc2 baik artikel atau jurnal ttg BSC ni trz mslhnya klo q mau ngambil objek mis sbuah bank atau universitas. Trz q msti mt data2 apa ya?yg relevan dgn BSC ni.
    thkz ya atz bantuannya,q tg blsnnya di emailq.
    wass

    Comment by retsa | November 20, 2010 | Reply

    • Pertama klo pengen gampang tanya dulu itu company pake tools BSC ga?klo pake minta izin boleh di share ga?
      Klo seandainya ga pake BSC ya paling km hrs mencoba seandainya menerapkan bsc ini di company tsb. batasi masalahnya. Disuatu dept A misalnya. Dari sana km tarik datanya. Data yg diperlukan sesuai dg aspek yg ada di BSC. ga sederhana emang.karna km kudu konsultasi sm mrk

      Comment by aansubhan | April 7, 2011 | Reply

  2. Please, can you Pm me and inform me couple of a lot more thinks about this, I am definitely fan of one’s weblog… 34

    Comment by Lita Clapper | June 3, 2011 | Reply

    • WHAT HAPPEN?

      Comment by aansubhan | August 10, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.